Kamis, 31 Mei 2012

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengembangan dan penggunaan prinsip pengembangan untuk memperoleh perangkat lunak secara ekonomis yang reliable dan bekerja secara efisien pada mesin nyata.

 Secara garis besar perkembangan perangkat lunak (software) dapat dibagi dalam 4 era, yaitu:


1. berlangsung pada tahun-tahun awal pengembangan software
di era ini kita belum dapat temui software sebagai suatu produk. pengembangan software dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang juga menjadi pemakainya. jadi jika terjadi suatu keslahan dari software tersebut maka, programmer atau organisasi tersebut yang memperbaikinya, sehingga jarang melakukan proses pendokumentasian.

2. berlangsung pada tahun 1960-1970. dan pada tahun ini terjadi pengembangan besar dalam rekayasa perangkat lunak
adanya sistem multiprogram dan multiuser memperkenalkan konsep baru interaksi manusia dan mesin. pada era ini kecanggihan software dan hardware yang membuka sebuah dunia aplikasi yang baru. sistem real-time yang mampu menganalisa dalam waktu cepat juga memunculkan sistem manajement database generasi pertama. software ini juga telah berubah menjadi sebuah produk yang siap didistribusikan kepada calon pemakainya.

3. berlangsung pada pertengahan tahun 70'an sampai tahun 1980'an
pada era ini software yang dibuat sudah bisa terhubung ke jaringan lokal maupun global dan jaringan digital dengan bandwidth tinggi menjadi evolusi tersendiri pada softwrae. produk software yang dihasilkan tetap berada dalam takaran industri dan kaademi "belum untuk digunakan secara personal".

4. era ini berlangsung sejak pertengahan 1980'an hingga sekarang.
pada era ini software sudah bisa digunakan secara personal dengan dukungan dengan mesin desktop yang kuat yang dikontrol oleh sistem operasi yang canggih, serta sudah bisa digabungkan dengan aplikasi lainnya yang telah maju.



Jenis-Jenis perangkat lunak menurut Roger S.Pressman :
  1. perangkat lunak sistem
  2. perangkat lunak real-time
  3. perangkat lunak bisnis
  4. perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan
  5. embedded software
  6. perangkat lunak komputer personal
  7. perangkat lunak kecerdasan buatan

0 komentar:

Posting Komentar