Rabu, 30 Mei 2012

Pengertian Metodologi Berorientasi Objek


Pembahasan kali ini adalah mengenai Metodologi Berorientasi Objek (MBO) atau sering disebut juga Unified modeling language (UML).
MBO/UML adalah sebuah bahasayang telah menjadi standar dalam indusri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan system perangkat lunak. Sampai saat ini dikenal dua pendekatan utama dalam pengembangan system dengan metode berarah ke objek yaitu :

1.      Pendekatan langsung
Adalah suatu pendekatan perancangan system dalam metode objek dimana mendesain system langsung mendesain objek-objek yang diperlukan system. Kelemahan dari system ini adalah karena seorang pendesain diberi kebebasan dalam membuat objek sehingga untuk menghasilkan objek yang benar-benar baik maka diperlukan pengulangan proses untuk perbaikan objek.

2.      Pendekatan sintesis
Adalah suatu pendekatan dalam perancangan system dengan metode berarah objek dimana objek-objek yang dihasilkan diperoleh dari penerapan metode structural. Kelemahan dari system ini adalah seorang pendesain melakukan tahapan kerja lebih yaitu merancang system secara structural terlebih dahulu kemudian mentransfernya kedalam bentuk objek.


4 komentar: