Kamis, 17 April 2014

Proses Perpanjangan SIM di Polres Soreang Kab.Bandung

Berhubung  saya baru memperpanjang SIM C  di Polres Soreang, jadi kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana proses perpanjangan sim.
Berikut saya gambarkan skema perpanjangan simnya :

Keterangan Proses:
1. cek kesehatan
untuk perpanjangan sim kita diharuskan cek kesehatan, saya sarankan sebelum masuk/parkir di area polres sebaiknya kalian langsung saja cek kesehatan. lokasinya tepat di sebrang jalan pintu masuk ke area polres soreang. Disana kita menyimpan 1 Fotocopy KTP untuk pemanggilan antrian, SIM Asli yang dilampirkan untuk bukti cek kesehatan dan biaya cek kesehatan Rp. 25.000.

2. Pendaftaran
setelah dari cek kesehatan kita menyerahkan berkas cek kesehatan,fotocopy ktp serta sim asli. lokasi pendaftaran sendiri sudah berada di area polres soreang tepatnya sebelah kanan pembuatan sim.

3. Pembayaran
Biaya perpanjangan sim (disini saya memperpanjang SIM C) Rp.75.000. pembayaran dilakukan di bank yang berada diujung kanan pembuatan sim, tepatnya dekat dengan ujian praktek motor.

4. Menyerahkan bukti pembayaran

setelah melakukan pembayaran, kita menuju loket 2 yang ada didalam area perpanjangnan sim, disana kita akan diberi form isian (mengisi data diri sesuai ktp)

5.penyerahan form isian

setelah selesai mengisi form yang diberikan diloket 2, berikan berkas tersebut ke loket 3 (data entry). saat menyerahkan form/berkas kita mengambil salah satu no antrian yang menempel di map.

6,7. pemanggilan

setelah selesai menyerahkan berkas di loket 3. kita akan menunggu antrian sesuai dengan no antrian. kita akan dipanggil di loket 4, setelah dipanggil kita mennuju loket 5 lima untuk membubuhkan tanda tangan.

8. photo SIM

Setelah selesai membubuhkan tanda tangan, bawa kertas yang ada tanda tangan kita ke tempat photo SIM.
disana kita akan mencocokan data, jika sudah selesai kita tinggal menunggu cetak SIM.

9.Penyerahan SIM
setelah mengantri kita akan dipanggil jika cetak sim kita sudah selesai.




Berikut Kesimpulannya:
=Syarat Perpanjangan SIM
1. 1 Fotocopy KTP
2. SIM Asli

=Biaya 
1. Rp. 25.000 -  Biaya cek kesehatan
2. Rp. 75.000 -  Biaya Perpanjangan SIM C

#catatan disarankan datangnya pagi-pagi untuk menghindari antrian yang jauh (untuk perpanjangan SIM dibuka jam 8 pagi sampai dengan jam 11 siang.

===Sekian semoga bisa membantu buat kalian yang berkepentingan....



62 komentar:

  1. jadi bisa cek kesehatan dulu ternyata, gak usah masuk dan daftar dulu, makasih sharenya gan :)

    BalasHapus
  2. Kalau dioutlet sim kopo bihbul.. tidak ada cek kesehatan .. tarif simc 120 rb.. apanya yang dimahalkan ya.. ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopo bihbul? ada outel SIM keliling kah?

      Hapus
  3. Balasan
    1. maaf telat,
      sabtu buka. buat pendaftarannya jam 8.00 sampai jam 10.00. buat pelayanannya sampai jam 12.00 siang

      Hapus
  4. Balasan
    1. sabtu buka. buat pendaftarannya jam 8.00 sampai jam 10.00. buat pelayanannya sampai jam 12.00 siang

      Hapus
    2. Apa hari Minggu buka gak iya.tks

      Hapus
  5. perpanjang sim apakah harus habis dulu masa berlakunnya atau beberapa hari sebelum masa berlaku udah bisa diperpanjang ???
    takutnya kalau salah ntar kita disuruh balik lagi,,, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai melewati tanggal masa berlaku SIM.
      sebaiknya beberapa hari sebelum habis, saya juga disini melakukan perpanjangan SIM 2 hari sebelum hari H.

      Hapus
  6. Iya saya hr ini telat pendaftaran nya dateng jam 11.15 udh tutup. Tp bnyak calo yg nawarin bisa nerobos tp dgn tarif yg sngat mencengangkan, hadeuuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski ada himbauan untuk tidak menggunakan jasa calo tapi memang kenyataannya masih banyak calo yang berkeliaran termasuk oknum POL*** nya sendiri.

      Hapus
    2. Klo lwt calo brp buat sim c

      Hapus
  7. satu bulan sebelum masa berlaku SIM apa sudah bisa mengajukan perpanjangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa, dan lebih baik disegerakan karena berdasarkan peraturan baru telat 1 hari juga harus membuat permohonan SIM Baru

      Hapus
    2. Masalahnya SIM saya habis tanggal 28 Juli, ada yang bilang perpanjangan SIM bisa dilakukan paling cepet 14 hari sebelum SIM berakhir, artinya 15 hari sebelum SIM berakhir tidak akan dilayani, karena data ybs belum muncul di system komputernya.
      Seperti kita tahu, 14 hari sebelum 28 Juli dikhawatirkan sudah dalam suasana lebaran, untuk menghindari hal tersebut saya akan urus 30 hari sebelum jatuh tempo.
      Saat ini saya ada di luar kota Bandung (tempat urus SIM), jika saya ambil cuti 30 hari sebelum jatuh tempo dan ternyata nggak bisa, memang jadi rugi waktu, tapi kalau sudah pasti bisa ya bagus sekali.
      Terima kasih sharingnya

      Hapus
    3. untuk masa libur lebaran pelayanan sim hanya libur saat masa cuti bersama dari tanggal 16-21 juli, setelah itu pelayanan kembali normal.
      untuk lebih lanjutnya bisa cek di situs http://www.lodaya.web.id/ atau via telp di 022-61755575

      Hapus
    4. share pengalaman sedikit, saya td baru saja dr sim outlet bertanya mengenai jangka waktu kadaluarsa SIM, untuk th 2015 lebih dari 3 bulan dari masa berakhir SIM dihitung membuat baru bukan perpanjangan, sedangkan untuk th 2016 telat sehari pun dihitung pembuatan baru,,,semoga bermanfaat

      Hapus
    5. Untuk Tahun 2015 masih bisa ya untuk perpanjangan SIM langsung, soalnya baru kelewat 2 hari dari habis masa berlakunya pada 23 Agustus kemarin. Trims infonya

      Hapus
  8. Kalau sim saya habis uda bbrp bulan apa bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas diki,kebetulan tadi saya cb memepepanhang SIM yg sudah expired setaun,cuman..biaya nya harga bikin baru,saya coba iseng nembak ada oknum yg nawarin harga tinggi banget,ah ogah ah lain wkt lagi aja.

      Hapus
  9. Kalau sim saya habis uda bbrp bulan apa bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Pemegang SIM harus mengurus pembuatan baru, yakni melalui uji kompetensi dengan ujian teori dan praktik di Polres. Perpanjangan dilaksanakan sebelum habis masa berlaku SIM dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis berlaku. SIM yang habis masa berlaku dapat diperpanjang dengan tidak melebihi batas waktu 3 bulan setelah habis masa berlaku," sumber : Kasat Lantas Polres AKP Mariska

      Hapus
    2. Ok thanks. Saya coba buat ulang kalau begitu besok besok..

      Hapus
    3. Ok thanks. Saya coba buat ulang kalau begitu besok besok..

      Hapus
  10. tidak diwajibkan membeli map? atau kita mendapatkan map dari outlet mana? dan apakah bisa perpanjang sim A & C langsung dilakukan di hari dan jam yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf karena baru bisa membalas komternya,
      berdasarkan informasi yang tadi siang saya tanyakan langsung ke polres soreang, perpanjangan sim A dan C bisa dilakukan secara bersamaan dihari yang sama.

      Hapus
    2. Saya habis tgl 15-10-2017 sedangkan tgl 15 itu hari minggu sedangkan saya ada di luar kota bisa ga saya tangguhkan untuk memperpanjang? ma kasih

      Hapus
    3. Saya habis tgl 15-10-2017 sedangkan tgl 15 itu hari minggu sedangkan saya ada di luar kota bisa ga saya tangguhkan untuk memperpanjang? ma kasih

      Hapus
  11. Perpanjang sim A dan C bisa bersamaan di hari yg sama.. Adik saya sebelum puasa kmaren bikin dan selesai 1 hari..

    BalasHapus
  12. Perpanjang sim A dan C bisa bersamaan di hari yg sama.. Adik saya sebelum puasa kmaren bikin dan selesai 1 hari..

    BalasHapus
  13. Perpanjang sim A dan C bisa bersamaan di hari yg sama.. Adik saya sebelum puasa kmaren bikin dan selesai 1 hari..

    BalasHapus
  14. Kalau hari sabtu untuk tes bikin SIM baru, buka ngga yaa??
    Mohon informasinya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka, cuma tidak disarankan jangan dihari sabtu karena banyaknya pendaftar.
      terkadang dihari non weekend juga jam 9 sudah ditutup untuk pendaftaran baru dikarenakan banyaknya yang akan membuat SIM baru.

      Hapus
  15. Punten OOT, manawi terang upami bade bayar pajak motor anu platna B tiasa di samsat soreang teu nya? margi abi ayeuna dumukna di kabupaten bandung tp kaleresan motorna plat B. hatur nuhun

    BalasHapus
  16. terus kalo sim c hilang.....itu bisa diperpanjang atau ganti baru...biaya berapa om, dikopo bisa tidak?

    BalasHapus
  17. sim c saya hilang...bisa sim keliling tidak....saya rumah dibaleendah bandung
    sim keliling terdekat dimana yah?

    BalasHapus
  18. mohon informasi sim c keliling daerah kabupaten....saya rumah dibaleendah...yang terdekat sim keliling dimana yah,..berapa biaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk proses pembuatan sim yang hilang dilakukan di polres soreang.
      dengan urutan :
      1. mengurus surat keterangan hilang di polsek terdekat
      2. cek kesehatan di polres soreang
      3. mengurus asuransi
      4. pendaftaran dan proses lainnya yang hampir sama dengan proses perpanjangan sim diatas.

      Hapus
  19. Sim yg udah telat harus bikin baru lg ya bukanya paling telat 1 tahun mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk 2015 keterlambatan sim dibatas hingga 3 bulan, jika melewati 3 bulan maka harus buat baru.
      dan ada wacana nanti 2016 akan diberlakukan peraturan baru keterlambatan sehari pun akan diberlakukan pembuatan sim baru.

      Hapus
  20. Sim yg udah telat harus bikin baru lg ya bukanya paling telat 1 tahun mohon info nya

    BalasHapus
  21. info menarik
    bila bisa memperpanjang sim online darimana saja
    terima kasih banyak artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cek info sim keliling bisa kunjungi website ini http://www.simkeliling.info/

      Hapus
  22. kang.,tes kesehatan di polres soreang apa saja? untuk perpanjangan sim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. test kesehatannya hanya ditanya mau apa [sebutin aja perpanjang sim] trus disuruh sebutin angka atau huruf yanng ada pada kertas [kaya test buta warna lagi]

      Hapus
  23. saya buta warna parsial.,mungkinkah sya bsa memperpanjang sim tanpa calo.? krena sya gak bsa liat angka2 di buku ishihara ,tp sya bsa dgn jlas mlihat warana2 abstrak sperti merah kuning hijau dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sebelmunya pas pembuatan SIM baru tidak menjalani tes seperti ini?
      ini hanya pendapat saya yg saya alami sendiri, selama saya perpanjang sim tidak ada penekanan untuk menyebutkan angka/huruf yang ada, karena yang antri banyak jadi serba dipercepat.
      mungkin dengan kita berkata jujur polisi tersebut bisa mengerti.
      hindari yang namanya calo ya :)

      Hapus
  24. iya bak terima kasih banyak utk infona., saya hanya takut saya BWP sya menghambat saya dlm memperpanjang SIM.,sementara SIM itu hal yg sgt penting utk saya.,
    :)

    BalasHapus
  25. sim C saya alamat nya di kotamadya bandung.
    apakah saya bisa perpanjang sim C saya di wilayah kabupaten bandung ( di outlet kopo square )
    mohon info nya
    trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari info yang saya baca di pikiran rakyat online, perpanjangan sim bisa dilakukan walaupun berbeda wilayah karena sudah menggunakan sistem online yang sudah terhubung ke 45 Kota/Kabupaten.
      Semoga infonya bisa membantu.

      Hapus
  26. Kalo kita mau perpanjang sim a dan sim c itu tes kesehatannya bikin 2 atau 1 saja?

    BalasHapus
  27. sim saya alamatnya di bandung barat sekarang sudah pindah ke soreang, apakah harus mutasi dulu ga trims

    BalasHapus
  28. Menginformasikan Dealer Toyota di Cianjur melalui website sangat membantu calon konsumen secara lengkap sebelum datang ke dealer.

    Jika di Bandung ada Dealer Daihatsu BandungAtau Tunas Daihatsu Bandung juga menggunakan websitenya sebagai media onformasi kepada calon konsumennya

    BalasHapus
  29. Kalau tanggal d sim sama ktp beda sehari bisa gak.soalnya cetak ktp baru ada kesalahan...

    BalasHapus
  30. Sangat Membantu, jazakillah khoiron katsiron

    BalasHapus
  31. Maaf mau tanya untuk hari sabtu polres bandung/ soreang melayani perpanjang sim atau tidak?? Terimakasih

    BalasHapus
  32. Maaf mau tanya apakah hari minggu buka pelayanan perpanjangan sim

    BalasHapus
  33. Saya ranggak 26 desember 2018 perpanjangan sim keliling di BTM biaya kesehatan 40rb sama biaya Sim C 125.000 rb sedangkan untuk Sim A 130.000 rb

    BalasHapus