Minggu, 27 Mei 2012

Pengertian Informasi


     Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang. Untuk memperoleh informasi yang berguna, tindakan yang pertama adalah mengumpulkan data, kemudian mengolahnya sehingga menjadi informasi. Dari data-data tersebut informasi yang didapatkan lebih terarah dan penting karena telah dilalui berbagai tahap dalam pengolahannya diantaranya yaitu pengumpulan data, data apa yang terkumpul dan menemukan informasi yang diperlukan.

            Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah suatu yang terjadi pada saat tertentu.
Kualitas informasi (quality of information) tergantung pada hal-hal berikut :
1.      informasi harus akurat (accurate), informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan menyesatkan.
2.      Informasi harus tepat waktu (timeliness), informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
3.      Informasi harus relevan (relevance), informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
Nilai informasi (value of information ) ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya .Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya .Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.

0 komentar:

Posting Komentar